Tidak Ada Makan Siang Gratis

"Tidak ada makan siang gratis", mungkin istilah tersebut tidak asing lagi di jaman sekarang. tidak ada makan siang gratis artinya, di dunia ini hampir tidak ada sesuatu yang geratis, udara pun sekarang beli. mungkin kalian pernah mengalaminya, pada saat seseorang sangat baik dengan kita, begini begitu dibantu, di traktir dan lain lain, ya tentunya kita punya semacam hutang budi dong. 
Yah tepat sekali setelah seseorang telah diikat dengan hutang budi, maka susah untuk melepaskannya, karena ada rasa "pekewuh", atau tidak enak. Ya setelah seseorang masuk dalam zona itu, maka akan sangat sulit untuk melepaskannya. pada saat seseorang telah masuk dalam zona itu maka yang terjadi adalah, hampir segala tindak tanduk kita akan terpaut dengan dia. 

Jika seandainya seseorang tersebut meminta untuk melakukan hal yang tidak baikpun, maka akan cenderung melakukannya, ya kita tidak bisa mengelaklagi, karena kita punya ikatan dengan dia, "ingat hutang budi dibawa mati". 

Dijaman sekarang kita patut waspada dalam setiap tindak tanduk seseorang yang tiba tiba baik dengan kita, bisa jadi itu merupakan pancingan yang dilakukan oleh dia, sehingga kita bisa masuk dalam perangkapnya, yang mana kita di arahkan untuk menjalani politik hutang budi. politik hutang budi ini sangat bmengerikan karena politik ini akan melemahkan kekuatan yang kita miliki, terlebih orang jawa yang mempunyai rasa "ewuh pekiwuh". 

"Eling lan waspodo marang tindak tanduk sepodo podo, amargo saiki wis masuk jaman joyo boyo"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Religi ke Mbah KH Sholeh Darat Semarang

Be The Best of You

#Part1 "Mimpi, Kreativitas dan Kemandirian"