Cerita Anak (Paijo Mengejar Cita Cita)

PAIJO MENGEJAR CITA-CITA
Oleh : Iwan Saputra

Cerita ini disampaikan dalam acara Pertemuan Komunitas Literasi Ungaran (Kelingan) di Perpusda Ungaran
 
Dikisahkan ada seorang anak desa yang mempunyai keinginan untuk belajar di kota, sebut saja namanya paijo. Paijo berasal dari desa kuningan yang terletak di bawah bukit gunung sumbing. Si paijo mempunyai cita-cita ingin menjadi seorang penulis, tetapi dia bingung harus dengan apakah si paijo mewujudkan cita-citaya?, padahal dia merupakan anak yang berasal dari keluarga menengah kebawah, untuk kebutuhan sehari-hari saja masih susah, bagaimana mewujudkan cita citanya?.
Dia bersekolah di salah satu SMA di desa nya namanya SMA maju mundur. Paijo sangat menyukai mencari ilmu meski jaraknya yang jauh sekitar 8 km dengan sekolahannya, tetapi demi mewujudkan cita-citanya si Paijo tetap semangat dan menghadapi hari-harinya dengan senyuman.
Si paijo tidak pernah mengeluh dengan keadaannya dia selalu semangat, hingga suatu masa tiba masa kelulusan dimana si paijo tetap menghadapi dengan senyuman dan optimis dan pasti mendapatkan nilai yang terbaik. Dan akhirnya hari itu datang dan ternyata dengan kerja keras dan ketekunanya dia mendapatkan nilai terbaik di sekolah.
Kemudian dia  beratanya lagi, lantas saya harus bagaimana?, saya orang miskin, saya tidak tahu jalan, apa yang harus saya lakukan selamjutnya?. Berhari-hari si Paijo merenung dan akhirnya dia baru sadar bahwa dia mempunyai Tuhan, jika Tuhan menghendaki apapun bisa terjadi.
Setelah si Paiojo berdoa dan menentukan tekadnya akhirnya si Paijo berangkat ke kota, untuk meneruskan sekolah nya di perguruan timggi. Denga bekal yakin dan tekad yang bulat si paijo berangkat dengan rasa percaya diri dengan berbekal satu keyakinan yaitu dalam setiap langkah saya, pasti akan disertai oleh yang maha kuasa, bliaulah Tuhan si penguasa jagad raya.
Dan setelah sampai di kota dia bingung terombang ambing akan waktu dan keadaan hingga pada suatu masa dia mendapatkan sebuah jalan yaitu mendapatkan beasiswa dari salah satu yayasan swasta yang memang mencari seseorang yang lemah dalam ekonomi tetapi memiliki keinginan untuk belajar. Hingga pada saat itu si Paijo masuk dan melanjutkan studinya di salah satu perguruan tinggi ternama di kota.
Si Paijo menjalani hari-harinya dengan belajar belajar dan belajar dan si Paijo yakin suatu kelak cita-citanya pasti akan terwujud yakni menjadi seorang penulis ternama. Dan mulai saat itu si Paijo meyakini bahwa dengan kepercayaan kepada Tuhan dan tekad yang kuat maka akan ada jalan keluar yang tidak disangka-sangka.
Jadi, mari kita bercita-cita tinggi, jika kita yakin dan percaya maka akan ada jalan menghampiri kita, yaitu jalan untuk meraih cita-cita kita...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Religi ke Mbah KH Sholeh Darat Semarang

Be The Best of You

#Part1 "Mimpi, Kreativitas dan Kemandirian"